5.23.2015

Ethnic Runaway; BADUY

      gue harus mulai dari mana nih. it's been a loooong long long long day yeah. bagaimana kabar kalian semua? mudah-mudahan masih berada di jalan yang benar ya. at least kalaupun melenceng dikit, balik lagi lah ke tempat semula haha (ngomong apaan gue). sebenernya udah basi banget sih tapi, angetin sendiri aja ya? beberapa minggu yang lalu gue trip ke baduy guys BADUY yeah BADUY. btw maap late post hehehe. 

semua bermula setelah nyokap gue abis balik liburan bareng keluarga besar di Anyer. gue? ngga ikut. kenapa ngga ikut? karena gue lebih mentingin kuliah daripada liburan yang kesenangannya cuma sesaat kayak gitu ha-ha-ha sok bijak tapi seriusan gue ngga boong. pas nyokap sampe rumah, beliau bilang

"Teh, mau ikut jelajah baduy ngga sama bi Diah?"

karena kesibukan kuliah gue yang sedemikian rupa sehingga menyebabkan gue ngga bisa ikut naik-naik ke puncak gunung bersama tante gue itu (bi diah), gue seneng banget pas nyokap nawarin gue buat ikut jelajah baduy. artinya apa? BIAYA DITANGGUNG NYOKAP HAHAHAHA BUSUK BANGET OTAK GUE. EMANG DARI SONONYA UDAH BUSUK JADI MAKLUMIN AJA YHA. tapi ternyata adek gue, bokap gue, ngga ada yang ikut ke baduy jadi it sounds like krik krik banget kalo gue ngga kenal siapa-siapa selain tante gue. gue pun berniat untuk mengajak anak-anak sekelas buat ikut ngegembel bareng gue di baduy. tapi cuma beberapa orang doang yang respon dan pada akhirnya cuma dua orang yang bisa ikut fix, ditambah satu temen SD gue yaitu Silmi jadi tiga orang yang fix. sebenernya rosi, lita, blek mau ikut akan tetapi orang tua mereka tidak mengizinkan:( jadi apa boleh buat. awalnya gue bingung mau ngajak siapa, makanya gue ajak aja si Silmi, berhubung udah lama banget ngga ketemu dan bisnis jualin bola-bola coklat bareng makanya gue ajak aja. dan mungkin bisa jadi hadiah ulang tahunnya yang ke-19? #eaeaeaeaeaeaeaea #tarikmang

jumat. gue berangkat naik kereta dari bojong menuju tanah abang bareng tante gue, sodara gue dan Silmi. sampai di tanah abang kurang lebih jam 11 WIB dan itu kecepetan banget mampus. untung gue bawa bekal makan siang. jadi makan siang di stasiun kayak gembel, karena sesekali kereta apatuh yang warna putih yang gerbongnya pendek? pokoknya gitu deh. dia sesekali lewat di depan gue yang mengharuskan gue untuk berdiri sementara waktu sambil tangan gue memegang kotak bekal.
beberapa jam kemudian, dinar dan ikra dateng. mereka adalah teman seperjuangan segembelan kalau di kampus.

ini pas lagi makan yg gue bilang kayak gembel bgt


gembel bersatu


(Silmi lagi di titik darah penghabisan) (mampus abis ini gua ditabokin)


karena kehabisan tiket kereta buat jam 4 sore oleh karena itu kita baru bisa berangkat naik kereta ke rangkas bitung jam setengah 6 sore. kebayang ngga bosen-nunggunya kayak apa? ajigile mampus banget deh pokoknya. apalagi ditambah gue ngga bawa charger hp jadi gue harus irit-irit pake hp nya.. sampe rangkas bitung kira-kira jam 8an, abis itu lanjut lagi naik mobil semi-bus yang memakan waktu dua jam perjalanan (gue bingung nyebutnya apaan) (ituloh mobil elf) (iyain aja ea plis). disaat orang-orang pada terlelap, gue sama Silmi justru menikmati perjalanan alias ngobrol sepanjang jalan. ngobrolin apaan aja yang topiknya ngga menentu arah, tapi tema obrolannya setelah gue simpulkan adalah cerita-cerita lucu waktu SD dulu. 

"si abyan kan dulu pas kelas 1 ngga bisa ngomong bahasa Indonesia ya wkwkwk inget ngga?"

"weh anjir dulu mah kita kerjaannya main piramid2 ya hahaha, dan gue selalu di bawah karena gue gendut.." 

"dan si Idah selalu posisi di atas lo lo pada karena dia kurus banget. btw kenapa dulu kita manggil dia 'Idah' ya? padahal kan namanya bagus tau, Syahidah"

"gue udah lama ngga ketemu si Umamah dia sekarang dimana ya. dan jangan2 dia udh hafal al-quran? dulu kan katanya, dia boleh umroh kalo udah hafal al-quran gils"

(ps: piramid itu game tumpuk menumpuk membentuk piramid, dan gue selalu kebagian di bawah karena gue gendut. biasanya yang di atas gue itu si Fairuz, sekarang dia di Psikologi UNJ guys. omg gue jadi pengen reunian.)

kira-kira jam 10 malem kita sampai di desa Ciboleger, Baduy luar. fyi di baduy luar ada satu alfamart, cuma satu, iya, satu. gue beli air buat persediaan hidup ke depannya. terus cari posisi tidur di salah satu rumah penduduk. kemudian makan-shalat-tidur. besok paginya jam 8an kita mulai perjalanan ke baduy dalam (re: jalan-kaki) sejauh 14 km yang katanya melewati lima bukit, dan beberapa sungai ea ea ea jadi semacam mendaki gunung melewati lembah~~ yang memakan waktu 4,5 jam perjalanan. kalo menurut gue sih treknya emang sadis banget, apalagi pas baru masuk baduy dalem itu berasa banget. tapi cuma disitu aja kejamnya, selebihnya asik. tapi ada beberapa tanjakan yang rasanya makan ati banget,eh,tapi setelah udah sampe di atas rasanya lega banget yeay kayak ngerasa menang aja gitu. 




ignore muka gue nya. ini pas gue sama Ikra terjebak gatau jalan, yang di depan udah jalan duluan, sedangkan orang-orang di belakang kita masih jauh sekali jadi kita selfie aja dulu biar AsiQue.


gue mengabadikan momen-momen mumpung belum melewati perbatasan. perbatasannya itu adalah jembatan, yang kalo lo udah lewatin jembatan itu artinya lo ngga boleh nyalain alat elektronik sama sekali, sekali pun itu cuma kamera pocket tapi tetep aja ngga boleh. dan itu artinya.. lo ngga boleh pegang hp apalagi dengerin lagu dan internetan...... hahaha lagian kalaupun boleh pake hp gue mah ngga ada yang nyariin sih hahahahahahahahaahhaahah. katanya kalo lo ngelanggar nanti bisa kualat gitu, gue sih percaya ngga percaya, yaa tapi ikutin aja peraturannya cari aman. 


nih jembatannya. plus kakek porter yang super banget tenaganya!!! AQ JADI MALOE /.\

porter itu sebutan buat jasa bawain tas bagi yang ngga kuat nanjak sambil bawa-bawa tas, bisa minta jasa sama kakek itu dan anaknya, Sapri. 

gue jalan di belakang sama si Silmi sedangkan Dinar jalan paling depan. emang dasar si Dinar mah maunya cepet sampe, lah gue mah menikmati alam dulu, meresapi alam, mengingat-ingat wujudnya karena ngga bisa gue abadikan dalam sebuah foto. sesampainya di rumah penduduk baduy dalam, gue langsung taro tas cari posisi buat tidur siang. pas gue masuk rumah, si Dinar udah molor anjeeeerrr wkwkwkw. karena belom shalat dzuhur jadi gue sama Silmi pergi ke sungai buat ambil wudhu. tetapi berhubung kita males banget buat bolak-balik ke sungai, jadi kita berlama-lama di sungai biar pas balik ke rumah itu udah sekalian sama shalat ashar juga astaghfirullah haha. maksudnya tuh biar nunggu waktu ashar nya ngga lama gitu, soalnya kita takut tiba-tiba kentut terus harus balik ke sungai lagi kan males banget. 
jadi, di sinilah kita, di sungai, ngobrol lagi. bahas tentang kebiasaan-kebiasaan aneh satu sama lain yang ternyata adalah kebiasaan aneh bersama (ngomong apaan gue ini plis). iya, jadi misalnya gue ceritain kalo gue blablabla dan responnya Silmi adalah 

"LAH GUE JUGA KAYAK GITU MUT. KOK SAMA SIH?!" responnya.

"HAH IYA LO JUGA GITU? KIRAIN CUMA GUE DOANG HAHAHA DASAR ANEH LO!" respon gue. 

"YA BEGO KITA SAMA-SAMA ANEH. GUE KIRA CUMA GUE AJA, TERNYATA ADA ORANG LAIN SELAIN GUE." responnya lagi. 

kemudian begitu terus sampe ngga berasa kalo udah 2 jam duduk di batu sungai. kita pun wudhu kemudian bergegas balik ke rumah. kalo lo pikir rumahnya kayak rumah-rumah yang sering lo liat di perumahan, lo salah besar. karena rumah di sini itu super minim karena isinya cuma dapur kecil+sekalian kamar buat yang punya dede bayi dan ruangan kosong. di ruangan kosong itulah kita numpang tidur, cukup buat 10 orang mungkin. 


rumahnya kayak gitu, tapi lebih kecil lagi. itu foto rumah orang baduy luar

ohiya lanjut. setelah shalat dzuhur dan ashar dan makan, gue sama Silmi memutuskan untuk tidur aja karena ngantuk banget, sedangkan orang-orang pada keliling kampung jalan-jalan ramah tamah sama orang baduy dalemnya. iya gapapa. gua mah gitu orangnya:-) pas maghrib gue (lagi-lagi) sama Silmi balik ke sungai buat ambil air wudhu dan pipis. 

woy.

PIPIS. 

butuh waktu beberapa menit buat nyari batu besar dan ngeyakinin diri sendiri kalo ngga bakal keliatan sama orang meski ada yang lewat di jembatan. iya, jadi di sungainya itu ada jembatan juga. ini pertama kalinya gue buang hadas di alam terbuka.. rasanya masih ngga percaya. kenapa masih ada kehidupan kayak begini, di baduy ini, maksud saya KENAPA MASIH ADA YANG SE-PRIMITIF INI di saat bahkan wc kampus gue udah pake kloset yang tinggal pencet-pencet aja. setelah shalat maghrib kita makan kemudian pergi ke rumah Jaro, wakil presiden di baduy. rumahnya lebih besar dan tinggi banget, di rumahnya ini ada 2 bambu besar dan itu ngga boleh dilewatin sama pengunjung bahkan sama warga baduy itu sendiri. men. gelap banget. gue ngga inget muka Jaro kayak gimana karena emang kita aja ngobrol sama dia gelap-gelapan. yang lagi-lagi buat gue berpikir, kok masih ada kehidupan kayak begini, ngga ada penerangan pake listrik dan cuma ngandelin lampu minyak yang pake sumbu tea lu teh nyaho nteu?  
gue ngga nanya-nanya sama Jaro sih, gue lebih jadi pendengar aja. ternyata yang ngebedain orang baduy luar dan dalam itu dari bajunya. kalo baduy luar warna item, baduy dalam warna putih. kenapa bisa ada baduy luar? baduy luar itu buat warga baduy yang ngelanggar aturan adat, jadi dikeluarin dan tinggal di baduy luar. desa di baduy dalam cuma ada 3. menurut lo kalo gue orang baduy, gue bakal termasuk suku baduy luar atau dalam? kalo gue pikir-pikir sih kayaknya gue bakal jadi warga suku baduy yang taat, karena gue ngga terlalu suka ngambil resiko dan mending jalanin aja aturan yang ada. jadi mungkin gue bakal termasuk warga baduy dalam hehehe pede abis ya tabok aja gue.

kita pun balik ke rumah buat siap-siap tidur. tapi ngga langsung tidur ding, ngobrol-ngobrol dulu. gue kepikiran tugas dbase mulu anjir. demi deh. btw gue di baduy dalam ini ngga mandi dan ngga ganti baju. orang-orang menghasut gue buat ngga usah ganti baju 

"lagian besok pas balik ke baduy luar pasti keringetan lagi, jadi mending gausah ganti baju deh biar sekalian bau aja."

kira-kira begitulah hasutan mereka. emang dasar setan wkwk apalagi si Dinar, irit banget soal baju. gue kira di baduy ini dingin banget, ternyata ngga sama sekali. malah agak panas, tapi panasnya asik, keringetannya ngga lengket gitu soalnya ngga bercampur sama polusi asap-mobil-motor. tapi di jam 3-5 pagi dingin banget coyyyyy tapi setelah itu udah deh normal lagi (banyak tapinya). gue bangun jam 5 pagi, niatnya sih mau ambil wudhu sendiri ke sungai. gue udah pake sendal dan udah jalan sendirian ke sungai sambil bawa senter, tapi terus gue balik arah ngga jadi ke sungai sendiri KARENA ITU GELAP BANGET ANJIR gue takut. ujung-ujungnya gue bareng si Silmi lagi sekalian pipis (lagi). 
setelah itu kita beli popmie yang harganya lumayan, ceban.. ya kasian kali mereka udah capek-capek bawa barang dagangan dari luar ke dalem, jadi gapapa lah mahal juga eneng mah maklumin aja. balik ke baduy luar jalan jam 8.45 WIB dengan baju yang masih sama kayak kemarin. bau. bodoamat. jalur buat jalan pulang ini lebih deket, tapi tetep aja berkilo-kilo, mungkin beda 2 km kali ya. baliknya ini lebih ringan karena tanjakannya ngga se-ekstrim kayak kemaren pas masuk. tapi tetep aja capeknya berasa soalnya kaki masih pegel banget belom bener-bener pulih. gue di belakang lagi sama Silmi. selama belom boleh pake alat elektronik lagi, gue celingak-celinguk liatin warga baduy yang gue lewatin. entah itu anak-anak atau bapake atau ibue. ngga kebayang hidup kayak mereka tiap hari bolak-balik bawa hasil tani terus dijualin. btw porter nya si Silmi, si Sapri itu pernah jalan-jalan ke Jakarta bahkan ke bogor. bokapnya juga sering main ke tebet. mereka keluar baduy buat jualan souvenir-souvenir baduy. biasanya dijualin ke kampus-kampus. 

"ke jakarta naik apa?" tanya gue.

"jalan kaki, 2 hari." jawabnya.

hahaha gue ketawa renyah aja sambil heboh sendiri. gila aja 2 hari. gue aja dari st bojong kadang naik ojek, soalnya males jalan dari depan perumahan. lah ini 2 hari jalan. coba minta tepuk tangannya buat Sapri dan bokapnya dulu boleh? okesip makasih. ditanjakan terakhir yang bener-bener bener-bener capek banget tiba-tiba ada yang jual es cendol dan gue pun langsung semangat lagi buat nanjak menggapai es cendol. ayey. minum es cendol di hutan. 



yang jual cantik banget. 

alhamdulillah akhirnya sampai dengan selamat. next trip gue mau naik banyak gunung, ngga hanya sebagai penikmat alam tapi juga sebagai pecinta alam. sambil nikmatin ciptaan Tuhan, sambil ngejaga alamnya juga. do'ain aja ya guys, mumpung masih single eheh (nyengir renyah). nih bonus pap foto-foto: 




 sebelum berangkat. emang begitu mukanya.











SAPRI