1.29.2018

sepertiga 2017

      banyak hal yang terjadi di tahun 2017 lalu. terutama beberapa hal mengenai laki-laki. menerima bahwa memang kita diciptakan berpasang-pasangan, yang masing-masing dari pasangan memiliki sifat yang berbeda. untuk pertama kalinya gue belajar menjadi perempuan sesungguhnya? gue rasa sih seperti ituu yaa. karena selama 20 tahun, gue hidup dalam ketidakaturan atau kebebasan yang menurut gue sah-sah aja gue lakuin. kayak misal, kalo kuota gue abis tapi belom waktunya (which is msh tengah bulan) gue ga bakal beli kuota lagi, gue bakal nunggu sampe bulan depan buat beli kuota lagi. karena aku cinta duitt:-) jadi kalo ngampus tanpa kuota, temen-temen yg ngechat gue nanyain dosen, ga akan gue bales karena emang gue gada kuota wkwk. 
yang parah sih pas dulu waktu masih SMA. waktu itu kan masih awal-awal keluarnya aplikasi line. gue langsung download dan temenan sama beberapa temen sekolah gue. abis itu gue diemin ga gue buka-buka lagi beberapa bulan. sampe akhirnya, pas gue cek lagi, ada temen gue ngechat udah dari 3 bulan yang lalu dan belom gue bales-bales karena gue ga ngecek chat sama sekali hahahahah:') gue ngerasa bersalah bgt wkt itu.
tapi semenjak tahun lalu.. setelah aku punya pacar HAHAH OMG MUTHI PUNYA PACAAR? iya, jadi setelah status gue naik level dikitt, sifat gue agak sedikit berubah. gue jadi banyak belajar deh pokoknya. yang awalnya kalo bales chat bisa lamaa banget. sekarang jadi cepet banget, sampe-sampe kalo dibalesnya lama sama dia bisa-bisa ngambek gue wkwkwkwkkw KENAPA BISA BEGITU SIH??? so posesif banget gaksih? tapi seiring berjalannya waktu, gue udah bodo amat chatnya mau dibales selama apa juga. karena kita kan tidak hidup hanya dengan melihat layar handphone ya kawan-kawan? alhamdulillah nambah lagi pelajaran hidup yang bisa gue petik. 

12.27.2017

SIKAP HIDUP DALAM HADAPI COBAAN

Dalam kehdupan ini manusia tidak luput dari berbagai cobaan. Cobaan diberikan bertujuan untuk menguji kemampuan seseorang dalam menghadapinya. Masalah yang kita dapat biasanya tidak akan melampaui batas kemampuan kita. Jika menurutmu cobaan yang sedang dihadapi sangatlah besar dan berlebihan sehingga tidak mungkin untuk dapat diselesaikan, ingatlah lagi bahwa Allah tidak akan memberikan suatu ujian melebihi kemampuan seorang hambanya. Lagipula, sesudah ada kesulitan pasti ada kemudahan.
Berikut adalah cara saya menghadapi cobaan:

1.   Menerima cobaan
Berusaha menerima cobaan akan membuat masalah yang sedang dihadapi menjadi lebih ringan. Dengan begitu kita akan berusaha untuk menyelesaikannya meski dengan sedikit-sedikit keluhan.

2.   Meyakini bahwa ada hikmah dibalik setiap cobaan
Masalah datang bukan karena secara sengaja, melainkan untuk menguji kemampuan kita bagaimana cara menghadapinya. Yakinlah bahwa setiap masalah yang kita dapat tersebut terdapat hikmah atau pelajaran dibaliknya. Bias jadi itu akan membuat diri kita semakin dekat dengan Tuhan dan menjadikan diri kita semakin kuat. Serta mampu menghadapi masalah-masalah selanjutnya yang leih berat lagi.

3.   Sabar
Sabar menjadi salah satu kunci yang paling penting dalam menghadapi masalah. Sabar itu sendiri adalah sikap menahan diri atau bertahan dalam situasi sulit dengan tidak mengeluh atau menyesalkan segala sesuatu. Setiap cobaan yang dihadapi dengan kesabaran maka akan berakhir dengan hati yang ikhlas. Bersabar ketika menghadapi cobaan hukumnya wajib, dan seseorang yang tidak bersabar ketika itu akan terjerumus dalam dosa. Dan sabar adalah tingkatan yang paling minimal yang dimiliki oleh seorang Muslim ketika menghadapi cobaan. Adapun tingkatan yang lebih tinggi dari sabar, hukumnya sunnah dan lebih afdhal (utama).

4.   Ikhlas
Ikhlas adalah suatu aktifitas rohani (baca:hati) yang menghendaki keridhaan Allah dengan suatu amal, membersihkannya dari segala noda individual maupun duniawi. Tidak ada yang melatarbelakangi suatu amal kecuali karena Allah dan demi hari akhirat. Tidak ada noda yang mencampuri suatu amal apapun. Termasuk dengan ikhlas dalam menghadapi cobaan, artinya menyerahkan segalanya kepada Allah. Hasil akhir bergantung pada Allah.

5.   Syukur
Ini adalah tingkatan tertinggi dan yang paling utama dalam menghadapi cobaan. Karena ia bisa bersyukur atas musibah yang menimpanya. Oleh karena itu, ia bisa menjadi hamba Allah yang penuh rasa syukur ketika ia melihat masih banyak orang lain yang lebih berat musibahnya dibandingkan dirinya. Musibah dalam hal dunia lebih ringan dibandingkan musibah dalam hal agama, karena adzab di dunia lebih ringan dibandingkan adzab di akhirat.


Pada hakikatnya, musibah adalah penghapus dosa dan akan menjadi tambahan kebaikan di sisi Allah tatkala ia menjadi hamba yang bersyukur. Demikianlah tingkatan sikap menghadapi cobaan, kita berharap bisa digolongkan minimal sebagai orang bersabar, tatkala tertimpa musibah, dan berusaha semaksimal mungkin menjadi orang yang ridha dan bersyukur tatkala tertimpa musibah.

RENCANA BISNIS TIK

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG JASA

Rencana Bisnis: Bisnis Jasa Penulisan Artikel Berbasis Online

Semakin hari zaman semakin berkembang. Penggunaan koran dan majalah sebagai suatu bentuk fisik sebuah artikel menjadi semakin berkurang kegunaannya. Sebagian masyarakat banyak yang lebih memilih membaca artikel di smartphone nya ketimbang membaca di koran atau majalah yang dijual bebas di toko-toko. Sehubungan dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat, maka dibuatlah bisnis jasa penulisan artikel ini untuk membantu perkembangannya.
Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya (KBBI 2002: 66), atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas. Dalam arti lain, Artikel juga merupakan karya tulis atau karangan, karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur, sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dan lainnya. wujud karangan berupa berita atau “kharkas”.
Ada banyak jenis dari artikel itu sendiri, misalnya artikel redaksi, yang berarti yang digarap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit. Ada pula artikel umum yang merupakan tulisan yang ditulis oleh umum. Sedangkan dari fungsinya dan kepentingannya pun berbeda pula. Ada juga artikel khusus dan artikel sponsor. Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi. Sedangkan artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan 
sesuatu.

Gambaran Umum
Bisnis ini bergerak di bidang jasa penulisan untuk beberapa konten antara lain, surat kabar, laporan berita terkini, Blog adsense, toko online, perusahaan, review, dll. Cara kerja dari bisnis ini sangatlah mudah. Caranya adalah dengan
1.   menghubungi facebook, sms atau wa yang sudah tertera pada website.
2.   kirimkan deskripsi pesanan tulisan artikel via facebook.
3.   Jangan lupa lampirkan keyword utamanya
4.   Setelah itu kami akan hitung jumlah biayanya, lalu lakukan pembayaran
5.   Artikel akan dikerjakan setelah pembayaran dilunasi

Sumber Informasi Tentang Penawaran atau Peluang Proyek TIK
Penggunaan sistem informasi yang melibatkan teknologi canggih dalam kehidupan masyarakat sudah menjadi program global dalam rangka mengembangkan masyarakat berbasis pengetahuan. Dalam bidang ekonomi, penggunaan pengetahuan telah menjadi basis dalam produksi dan distribusi sehingga menjadi penggerak utama peningkatan kesejahteraan dan penempatan tenaga kerja untuk seluruh industri. Sumberdaya produksi tidak saja 4M (man, money, material, dan machine) tetapi kini ditambah dengan informasi.
Ketidakikutsertaan dalam program ini atau kelambatan masyarakat dalam mengadopsi informasi berbasis teknologi berarti secara terpaksa menempatkan Indonesia dalam suatu lingkaran isolasi dari percaturan dunia dalam berbagai bidang.
Dalam konteks Indonesia, teknologi informasi mempunyai tiga peranan pokok yaitu :
Pertama, merupakan instrumen dalam mengoptimalkan proses pembangunan yaitu dengan memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat.
Kedua, produk dan jasa teknologi informasi merupakan komoditas yang mampu memberikan peningkatan pendapatan baik bagi perorangan, dunia usaha dan bahkan negara dalam bentuk pembayaran pajak usaha.
Ketiga, teknologi informasi bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area seluruh wilayah nusantara.
Untuk bisa memainkan ketiga peranan tersebut secara optimal tidak cukup hanya dengan penyediaan sistem, infrastruktur, jaringan, sarana dan prasarana, namun diperlukan upaya yang sistematis dan sungguh-sungguah untuk mengembangkan SDM di bidang sistem informasi berbasis teknologi.

Kebutuhan Dokumen Yang Tertuang Dalam Kak (Kerangka Acuan Kerja) Atau Tor (Term Of Reference) Atau Bidding Document
          Kerangka Acuan Kerja atau disingkat KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang atau jasa yang terdiri atas:
1.   Uraian kegiatan yang dilaksanakan, yaitu latar belakang, maksud dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan.
2.   Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan atau pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang atau jasa.
3.   Spesifikasi teknis barang atau jasa yang diadakan.
4.   Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan tersebut.
        Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I. Permasalahan yang terjadi di lapangan disebabkan karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran belaka.
        Sering terjadi, karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran pembahasan anggaran.

Komentar
Bisnis ini bergerak dibidang jasa, atau dalam artian yang lebih lugas yaitu jenis penjualan ekonomi berupa penjualan jasa atau keahlian. Bisnis ini saya cetuskan karena memang saya menyukai menulis. Baik itu tulisan fiksi maupun non fiksi. Pada mulanya saya hanya memanfaatkan blog sebagai wadah menyalurkan hobi saya. Namun semakin lama saya menulis, kemudian muncul ide untuk menjual jasa penulisan saya, yang sekiranya berguna juga untuk orang lain.
Karena sekarang ini banyak situs-situs yang semakin merebak luas membutuhkan jasa penulisan untuk mempromosikan situsnya. Itu menjadi salah satu peluang bisnis saya. Akan tetapi, selain untuk menambah pendapatan saya. Bisnis ini juga bisa menjadi acuan saya dalam terus berkembang mengasah kemampuan saya dalam menulis.





Sumber Pustaka

10.17.2017

Mohon do'a nya manteman yang budiman

      banyak yang bilang 'katanya' semakin tinggi tingkatan kita di kuliah, bakal jadi semakinnn males buat kuliah. awalnya gue ngga percaya. karena gue ngerasa rajin banget kuliah. fyi pas tingkat satu kuliah gue ngga pernah sama sekali membolos dan absen gue full:') luar biasa banget kan. hari demi hari bulan demi bulan gue merasa ah, kayaknya gue pengen nyobain yang namanya bolos deh. akhirnya gue coba, dan ternyata nagih banget AHAHAHAH parah sih. gue bangun siang dan membolos itu menjadi sesuatu yang Wow sebelumnya. berawal dari coba-coba seperti itulah akhirnya menjadi kebiasaan gue bangun tidur selalu di atas jam 8 astaghfirullah. ngga boleh di contoh ya! tapi gue ngga bener-bener selalu bolos sih, soalnya kan ada aja jadwal kuliah gue yang emang masuknya siang, jadi gue bisa bobo dulu sebelum ngampus wkwkwk. 
asli sih emang nagih banget, tapi sekaligus ngerasa useless banget soalnya kebanyakan jam kosong yang nganggur yang cuma gue pake buat main sama bobo doang, padahal udah tua nih sudah tidak muda lagi umurku. tapi ya gimanasiih setannya kuat banget sih di diri ini huh. seperti pengalaman gue di semester lalu lebih tepatnya semester 6. awalnya gue ga masuk sekali praktikum. eh malah semua praktikum gue ga masuk deh jadinya HAHAHAHAH setan setannnn ya Allah kenapa bisa gue jadi seperti iniii?! mohon doanya teman-teman semoga di semester tua ini gue semangat kuliah lagi! 
ini abis ngerjain tugas yang ga seberapa dan ngerasa gabut bgt makanya posting beginian. semoga teman-teman beneran mendoakan saya ya. butuh semangat dari teman-teman sejagad seumuran sepermainan se se se se yang lainnya:')


3.12.2017

Siklus Hidup

      Masih inget sama postingan tergalau gue pada akhir tahun 2015? ada banyak pelajaran yang sebenernya gue ambil dari pengalaman itu. sesuatu yang hilang pasti akan tergantikan. dan gue baru sadar, ternyata siklusnya memang seperti itu. bunga yang layu, akan digantikan dengan tumbuhnya bibit bunga baru, pohon yang mati, pasti akan tumbuh lagi. juga manusia yang mati pasti akan dibangkitkan kembali. jadi, kalau cuma seseorang yang pergi ninggalin kita, pasti akan datang lagi orang baru dalam hidup kita. 
berat ye bahasannya. 

Entah kenapa gue masih bodoh aja. gue kira gue bakal galau berkepanjangan, tapi ternyata ngga. seharusnya gue udah belajar dari pengalaman sebelumnya, bahwa galau pasti berlalu. tapi gue malah begitu lagi begitu lagi. ngelakuin kesalahan yang sama berulang kali. di tiap keadaan lagi terpuruk-terpuruknya, pasti selalu merasa jadi orang yang paling putus asa 

"kenapa sih harus seperti ini?:("

"kenapa harus gue?:("

"apa salah gueee"

"gue harus apa:("

karena pada akhirnya, keadaan akan kembali lagi seperti semula. bertemu orang baru, misalnya. hehehe. hidup memang selalu penuh dengan kejutan. meski udah sering disakiti, tapi ngga kapok-kapok juga. walaupun gue selalu takut untuk memulai lagi, karena kejadian yang lalu-lalu ngga mau terulang lagi, toh apa salahnya mencoba lagi. kan udah gue bilang, siklusnya memang seperti itu. jadi ngga ada salahnya kan mencoba lagi, lagi, dan lagi. terlalu banyak kata 'lagi' ya? semoga ini jadi pencarian terakhir. 
semoga saja.