12.27.2017

RENCANA BISNIS TIK

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG JASA

Rencana Bisnis: Bisnis Jasa Penulisan Artikel Berbasis Online

Semakin hari zaman semakin berkembang. Penggunaan koran dan majalah sebagai suatu bentuk fisik sebuah artikel menjadi semakin berkurang kegunaannya. Sebagian masyarakat banyak yang lebih memilih membaca artikel di smartphone nya ketimbang membaca di koran atau majalah yang dijual bebas di toko-toko. Sehubungan dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat, maka dibuatlah bisnis jasa penulisan artikel ini untuk membantu perkembangannya.
Artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya laporan berita, surat kabar, dan sebagainya (KBBI 2002: 66), atau bisa juga sebuah karangan/prosa yang di muat dalam media massa, yang membahas isu tertentu, persoalan, atau kasus yang berkembang dalam masyarakat secara lugas. Dalam arti lain, Artikel juga merupakan karya tulis atau karangan, karangan non fiksi, karangan tak tentu panjangnya, karangan yang bertujuan untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur, sarana penyampaiannya adalah surat kabar, majalah, dan lainnya. wujud karangan berupa berita atau “kharkas”.
Ada banyak jenis dari artikel itu sendiri, misalnya artikel redaksi, yang berarti yang digarap oleh redaksi dibawah tema tertentu yang menjadi isi penerbit. Ada pula artikel umum yang merupakan tulisan yang ditulis oleh umum. Sedangkan dari fungsinya dan kepentingannya pun berbeda pula. Ada juga artikel khusus dan artikel sponsor. Artikel khusus adalah nama lain dari artikel redaksi. Sedangkan artikel sponsor ialah artikel yang membahas atau memperkenalkan 
sesuatu.

Gambaran Umum
Bisnis ini bergerak di bidang jasa penulisan untuk beberapa konten antara lain, surat kabar, laporan berita terkini, Blog adsense, toko online, perusahaan, review, dll. Cara kerja dari bisnis ini sangatlah mudah. Caranya adalah dengan
1.   menghubungi facebook, sms atau wa yang sudah tertera pada website.
2.   kirimkan deskripsi pesanan tulisan artikel via facebook.
3.   Jangan lupa lampirkan keyword utamanya
4.   Setelah itu kami akan hitung jumlah biayanya, lalu lakukan pembayaran
5.   Artikel akan dikerjakan setelah pembayaran dilunasi

Sumber Informasi Tentang Penawaran atau Peluang Proyek TIK
Penggunaan sistem informasi yang melibatkan teknologi canggih dalam kehidupan masyarakat sudah menjadi program global dalam rangka mengembangkan masyarakat berbasis pengetahuan. Dalam bidang ekonomi, penggunaan pengetahuan telah menjadi basis dalam produksi dan distribusi sehingga menjadi penggerak utama peningkatan kesejahteraan dan penempatan tenaga kerja untuk seluruh industri. Sumberdaya produksi tidak saja 4M (man, money, material, dan machine) tetapi kini ditambah dengan informasi.
Ketidakikutsertaan dalam program ini atau kelambatan masyarakat dalam mengadopsi informasi berbasis teknologi berarti secara terpaksa menempatkan Indonesia dalam suatu lingkaran isolasi dari percaturan dunia dalam berbagai bidang.
Dalam konteks Indonesia, teknologi informasi mempunyai tiga peranan pokok yaitu :
Pertama, merupakan instrumen dalam mengoptimalkan proses pembangunan yaitu dengan memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat.
Kedua, produk dan jasa teknologi informasi merupakan komoditas yang mampu memberikan peningkatan pendapatan baik bagi perorangan, dunia usaha dan bahkan negara dalam bentuk pembayaran pajak usaha.
Ketiga, teknologi informasi bisa menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa, melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area seluruh wilayah nusantara.
Untuk bisa memainkan ketiga peranan tersebut secara optimal tidak cukup hanya dengan penyediaan sistem, infrastruktur, jaringan, sarana dan prasarana, namun diperlukan upaya yang sistematis dan sungguh-sungguah untuk mengembangkan SDM di bidang sistem informasi berbasis teknologi.

Kebutuhan Dokumen Yang Tertuang Dalam Kak (Kerangka Acuan Kerja) Atau Tor (Term Of Reference) Atau Bidding Document
          Kerangka Acuan Kerja atau disingkat KAK adalah acuan dalam setiap pengadaan barang atau jasa yang terdiri atas:
1.   Uraian kegiatan yang dilaksanakan, yaitu latar belakang, maksud dan tujuan, lokasi kegiatan, sumber pendanaan, serta jumlah tenaga yang diperlukan.
2.   Waktu yang diperlukan dalam melaksanakan kegiatan atau pekerjaan tersebut mulai dari pengumuman, rencana pengadaan sampai dengan penyerahan barang atau jasa.
3.   Spesifikasi teknis barang atau jasa yang diadakan.
4.   Besarnya total perkiraan biaya pekerjaan termasuk kewajiban pajak yang harus dibebankan pada kegiatan tersebut.
        Istilah lain yang sering digunakan untuk menggambarkan KAK adalah Term Of Reference (TOR). KAK dan RAB merupakan dokumen awal yang disusun untuk penganggaran tahunan dan termasuk dalam dokumen anggaran K/L/D/I. Permasalahan yang terjadi di lapangan disebabkan karena proses pengadaan yang dilakukan dimulai dari identifikasi kebutuhan yang mengada-ada, maka penyusunan KAK juga hanya dilakukan setengah hati dan sekedar untuk menggugurkan kewajiban dokumen dalam penyusunan anggaran belaka.
        Sering terjadi, karena sifat pekerjaan selalu berulang setiap tahun, maka KAK yang disusun hanya sekedar “save as” dari dokumen KAK tahun sebelumnya. Cukup dengan mengganti jumlah sasaran dan mencocokkan nilai anggaran dengan standar biaya terbaru bahkan dengan menyusun waktu secara asal-asalan maka KAK sudah siap dijadikan lampiran pembahasan anggaran.

Komentar
Bisnis ini bergerak dibidang jasa, atau dalam artian yang lebih lugas yaitu jenis penjualan ekonomi berupa penjualan jasa atau keahlian. Bisnis ini saya cetuskan karena memang saya menyukai menulis. Baik itu tulisan fiksi maupun non fiksi. Pada mulanya saya hanya memanfaatkan blog sebagai wadah menyalurkan hobi saya. Namun semakin lama saya menulis, kemudian muncul ide untuk menjual jasa penulisan saya, yang sekiranya berguna juga untuk orang lain.
Karena sekarang ini banyak situs-situs yang semakin merebak luas membutuhkan jasa penulisan untuk mempromosikan situsnya. Itu menjadi salah satu peluang bisnis saya. Akan tetapi, selain untuk menambah pendapatan saya. Bisnis ini juga bisa menjadi acuan saya dalam terus berkembang mengasah kemampuan saya dalam menulis.





Sumber Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar